Rapid Test Massal di Kota Cirebon/Ist

rmoljabar Ratusan warga dari Rt 01 dan Rw 10 Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon mengikuti rapid test massal. Hal tersebut dilakukan menyusul adanya warga dari wilayah itu yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Puskesmas Pesisir Indriani mengatakan, warga yang terkonfirmasi positif itu saat ini tengah menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Daerah Gunung Jati (RSDGJ) Kota Cirebon.

Dikatakan Indriani, selain melakukan rapid tes kepada sekitar 200 warga yang ditargetkan, pihaknya juga telah melakukan tes swab kepada keluarga dekat pasien yang terkonfirmasi positif.

“Sudah 5 orang yang kami lakukan tes swab. Kemungkinan jumlah tersebut bisa bertambah karena masih dilakukan tracing terhadap siapa saja yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19 tersebut,” ungkapnya, Kamis (4/6).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Edy Sugiarto mengatakan, dari hasil rapid test yang sejauh ini sudah dilakukan kepada 157 orang, 8 di antaranya dinyatakan reaktif. Untuk itu, kepada 8 orang tersebut, selanjutnya akan dilakukan tes swab.

“Untuk warga yang hasil rapid testnya reaktif, segera dilakukan tes swab di RSDGJ Kota Cirebon,” katanya.

Lurah Panjunan, Didi Cardi mengungkapkan, warganya yang positif Covid-19 sebelumnya tidak berpergian ataupun menerima kunjungan keluarga dari luar kota.

Di kelurahan Panjunan sendiri, kata Didi, sudah ada gugus tugas yang terdiri dari pengurus Rt, Rw, Kelurahan, termasuk Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang bertugas untuk mencatat secara rutin setiap warga yang datang ke wilayah itu.

“Selama ini sudah ada sekitar 100 orang yang datang kesini, namun mereka dilengkapi dengan surat keterangan sehat dari daerah asal,” demikian Cardi.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here