Eddy Fadlyana/RMOLJabar

rmoljabar Uji klinis tahap ketiga vaksin Covid-19 Sinovac dari China akan segera dilakukan pada Agustus mendatang di Kota Bandung. Namun hingga saat ini tim peneliti masih belum membuka registrasi relawan, sebab uji klinis masih belum mendapat izin dari Komite Etik.

Manajer Lapangan Uji Klinis Vaksin Covid-19 Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Padjadjaran (Unpad) Eddy Fadlyana mengatakan, meski registrasi belum dibuka namun sudah banyak masyarakat yang mendaftarkan diri untuk menjadi relawan penyuntikan vaksin virus Covid-19.

“Tapi sampai saat ini sudah banyak masyarakat Bandung yang mendaftar dan kita sampai sekarang belum mencatat ada berapa orangnya karena kita belum dapat izinnya,” tutur Eddy di Balaikota Bandung, Senin (27/8).

Namun menurut Eddy, izin untuk melakukan penelitian dari Komite Etik kemungkinan akan terbit hari ini. Sehingga setelah izin keluar, pihaknya akan mulai melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai vaksin tersebut.

“Kemudian hari ini kalau terbit, maka besok kami akan membuat selebaran ke berbagai pihak,” imbuhnya.

Namun para sukarelawan tersebut diharapkan orang yang benar-benar mau menjadi sukarelawan, dan tidak ada paksaan dari siapapun.

“Penelitian bersifat sukarela, dan semua relawan akan terlindungi oleh asuransi,” jelasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here