Sambil Meneteskan Air Mata, Asep Yadi Bahagia Rumahnya Bakal Direhab TNI

Sambil Meneteskan Air Mata, Asep Yadi Bahagia Rumahnya Bakal Direhab TNI

Asep Yadi (35) tampak bahagia ketika rombongan Kodim 0605/Subang mendatangi kediamannya. Pasalnya, kedatangan TNI AD tersebut untuk meninjau rumahnya yang akan direhab secara total melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 tahun 2020


Rumah Asep ini memang berhak mendapatkan bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) melalui kegiatan TMMD. Mengingat tempat yang ditinggali dengan istri dan anaknya itu sudah tidak layak huni.

Asep yang sudah tinggal selama 9 tahun, hanya berkerja serabutan sebagai buruh kayu dan buruh tani. Sedangkan istrinya, Cicih (45) bekerja sebagi ibu rumah tangga, dengan sesekali mengikuti kegiatan suaminya sebagai buruh serabutan.

"Saya bahagia, terimakasih sudah membantu keluarga kami, sejak lama kami menginginkan rumah yang layak. Alhmdulilah melalui Program TMMD dan bantuan pemerintah, rumah saya bisa lebih layak," ucap Asep dengan nada sedih sambil meneteskan air mata di Kampung Kiara Koneng 2, Dusun 3 Awi Peuteuy Rt 09/03, Desa Talaga Sari, Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang, Sabtu (27/6) kemarin.

Sementara itu, Ketua Rt 09/03 Yaya (30) mengatakan, pihaknya telah mengajukan kepada pemerintah Kabupaten Subang sebagai bentuk laporan warganya yang mempunyai rumah tidak layak huni untuk segera diberikan bantun. Namun hingga bantuan TMMD tiba, laporan tersebut belum ada perkembangan.

"Saya sudah mengajukan kepada Pemkab Subang sejak tahun 2017, yang ditujukan kepada dinas terkait, untuk segera membatu masyarakat yang mempunyai rumah tidak layak huni, tapi belum ada tindakan," ujarnya.

Di tempat yang sama, Pasiter Kodim 0605/Subang Kapten (Arm) Agus Supriyadi mengatakan, sasaran tambahan rehab Rutilahu milik warga sebanyak dua unit, pengecatan Musala/Masjid dua unit, dan pembangunan dua unit Pos Kamling di Desa Cinta Mekar Kecamatan Serangpanjang.

Selain itu, lanjutnya, sasaran pembangunan non fisik mulai dari wawasan kebangsaan, bela negara, kesehatan, keagamaan, kamtibmas, penyuluhan kesehatan tentang protokol kesehatan menuju adaptasi kebiasaan baru (AKB), olahraga bersama dan hiburan.

"Jadi dalam kegiatan TMMD ini kita harapkan kehadiran TNI di tengah-tengah masyarakat dapat membantu, sekaligus dapat bermanfaat bagi masyarakat," tegas Agus.