Hendra Kurniawan (tengah)/RMOLJabar

rmoljabarJajaran Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandung menangkap youtuber asal Kota Cirebon berinisial IA, 43, yang sebarkan video hoax aksi penembakan dua begal di Rancaekek hingga viral di media sosial.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan menuturkan penangkapan pelaku penyebar hoax itu dilakukan pada Rabu (8/7) sekitar pukul 21.00 WIB di Desa Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

“Video viral yang disebarkan pelaku ini membuat gaduh masyarakat Kabupaten Bandung. Karena kejadian sebenarnya rekaman video tersebut terjadi di luar negeri, di Meksiko,” ungkap Hendra, Kamis (9/7).

Menurut Hendra akibat unggahan pelaku yang memiliki akun Harian Viral dengan menyisipkan judul ‘Detik-detik perampok dan pembacok supir ditembak buser di Rancaekek Bandung’ itu rugikan institusinya.

Apalagi, lanjut Hendra, bila melihat video yang ramai diperbincangan di media sosial itu cukup brutal dan sadis. Faktanya, usai jajarannya melakukan upaya penelusuran ke Rancaekek tidak ada kejadian tersebut.

“Pelaku mengaku sebarkan hoax itu demi meningkatkan jumlah subscribernya. Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 15 UU No 1 tahun 1946 Peraturan Hukum Pidana, dengan ancaman 2 tahun penjara,” jelasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here