Seleksi CPNS Purwakarta/RMOLJabar
Mimpi untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Purwakarta bagi 461 pelamar harus kandas di tengah jalan. Pasalnya, ratusan CPNS tersebut dinyatakan tidak lolos administrasi.

 

“Ada 5.155 pelamar yang mendaftar, namun yang berhasil lolos administrasi hanya 4.694 orang,” ujar Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Purwakarta, Ai Saidah, Kamis (09/01).

Menurutnya, sebagian besar pelamar yang tidak lolos karena ijazah dan jurusan yang dipilih tidak sesuai. Ai menjelaskan, 4.694 pelamar lolos administrasi akan bersaing pada seleksi berikutnya, yaitu tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Saat ini, pelaksanaan SKD tengah menunggu instruksi atau arahan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Untuk informasi awal, lokasi tes diperkirakan akan dilaksanakan di Universitas Telkom Bandung. Namun, hal tersebut baru usulan dan belum mendapat penetapan dari BKN.

“Untuk yang sudah lulus administrasi silakan cetak kartu dari sekarang, agar nanti tinggal langsung menunggu informasi jadwal tes SKD,” kata Ai.

Diketahui, jumlah kuota CPNS di Kabupaten Purwakarta sebanyak 169 formasi, dengan rincian 164 formasi guru, 3 tenaga medis dan 2 tenaga teknis. Dbandingkan kebutuhan ASN di Purwakarta, jumla tersebut dapat dikatakan kurang. Sementara ini, kekosongan di semua dinas diisi Tenaga Harian lLpas (THL).

“Apalagi di sekolah-sekolah, masih banyak diisi oleh guru honorer, mudah-mudahan saja upah kerja P3K ditanggung pemerintah pusat, jadi tingkat kesejahteraan mereka meningkat,” ujarnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here