Tangani Sampah, Legislator Desak Pemkab Bandung Hadirkan TPPS Di Tiap Desa

Tangani Sampah, Legislator Desak Pemkab Bandung Hadirkan TPPS Di Tiap Desa

Masih banyaknya tumpukan sampah di sejumlah titik menjadi fakta bila penanganan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bandung jauh dari kata baik.


 

Anggota DPRD Kabupaten Bandung Uya Mulyana meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui instansi terkait betul-betul serius menangani masalah sampah ini.

"Salah satunya dengan menyiapkan Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPPS) di tiap desa agar timbunan sampah secara perlahan teratasi," ujar Uya, Kamis (13/2).

Menurut Uya, sampah merupakan masalah sosial yang butuh penanganan maksimal. Jadi dirinya mengingatkan pemerintah tidak asal punya rencana penanggulangan saja.

"Tiap program harus di implementasikan dengan kerja nyata. Kehadiran TPSS di tiap desa penting masyarakat sekitar memiliki penampungan sampah sendiri," kata dia.

Uya pun tak menampik jikalau saat ini ada masyarakat yang masih belum sadar terkait dampak dan perilakunya yang sering kali buang sampah di sembarangan tempat.

"Tapi bukan berarti pemerintah berdiam diri dan tidak melakukan tindakan. Perlu edukasi bagi sebagian masyarakat yang bersikap apatis soal kondisi lingkungannya," jelasnya.