Soft Skill Training/RMOLJabar

rmoljabar Puluhan pemuda mendapat pelatihan soft skill dari Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta. Pelatihan diberikan sebagai upaya pembinaan berkelanjutan wirausaha muda.

Kepala Seksi Bina Kewirausahaan Pemuda Bidang Kepemudaan pada Disporaparbud Purwakarta Marnia mengatakan, program tersebut dihelat untuk menumbuhkan minat wirausaha sejak dini guna menanggulangi pengangguran muda.

“Para peserta diberi pembinaan berkala, khususnya wawasan pengembangan usaha. April nanti akan ada lagi pelatihan, hanya saja sifatnya bukan pemberian wawasan tapi akan langsung cek pelaksanaan wirausahanya,” terang Marnia, Sabtu (22/2).

Sementara itu, Officer Program Skill Youth Indonesia Bussines Link (IBL) Fase Empat, Ezra Bonita mengatakan, pelatihan manajemen usaha akan dilakukan sebanyak lima kali hingga bulan Juli mendatang.

“Untuk soft skillnya sendiri kami kaitkan dengan apa keterampilan yang dibutuhkan dalam wirausaha, seperti nilai diri, keluhan pelanggan, komunikasi efektif atau mengelola bisnis,” papar Erza.

Dia juga mengatakan, program tersebut difokuskan untuk pemuda yang sudah memulai berwirausaha. Namun, pihaknya juga membuka peluang selebar-lebarnya bagi pemuda Purwakarta yang mempunyai ketertarikan pada dunia usaha.

“Harapannya muncul generasi muda yang produktif berwirausaha guna membuka lapangan kerja baru agar meengurangi pengangangguran muda,” pungkasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here