Tekan Penyebaran Covid-19 Klaster Perkantoran, Pemkab Majalengka Gelar Swab Tes Massal

Tekan Penyebaran Covid-19 Klaster Perkantoran, Pemkab Majalengka Gelar Swab Tes Massal
Jubir Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Majalengka, Alimudin/RMOLJabar

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka terus melakukan tes swab secara masif. Tercatat sebanyak 180 orang pegawai kantor dinas di lingkungan Pemkab Majalengka yang sering melakukan kontak langsung dengan masyarakat umum ikut tes swab pada Rabu (16/9).


Jubir Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Majalengka, Alimudin menyampaikan, dalam kesempatan tes swab yang digelar di antaranya diikuti oleh Dinas Perhubungan 30 orang, BPBD 30 orang, Dinsos 30 orang, Samsat 20 orang, Disdukcapil 20 orang dan Satpol PP sebanyak 50 orang.

"Swab ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Majalengka dan petugas yang melayani masyarakat secara bersentuhan langsung di lapangan," ujar Alimudin kepada Kantor Berita RMOLJabar, Rabu (16/9).

Sedangkan untuk gelombang berikutnya yang akan dilaksanakan pada Kamis (17/9), dari kantor BJB, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Pemberdayan Masyarakat Desa, Dinas Kesehatan dan DPMT.

Masih dikatakan Ali, tes swab masif ini untuk memenuhi kuota sesuai teori, yakni diharapkan 0,5 persen dari jumlah penduduk harus diambil tes swabnya.

"Sampai dengan saat ini kita baru melakukan swab sebanyak 2.810. Target yang sekarang adalah 2.490-an,” ungkapnya.

Jubir yang juga sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka itu, mengimbau kepada masyarakat agar disiplin menerapakan protokol kesehatan yaitu, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M).

"Mari kita sama-sama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Majalengka," tandasnya.