Chamber car/Ist

rmoljabar Setelah sukses membuat alat disinfeksi ultraviolet (disinfection chamber ultraviolet) serta robot AUMR, tim Telkom University kembali menciptakan inovasi untuk membantu memerangi covid-19.

Kali ini perguruan tinggi yang berada di Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung itu menghadirkan chamber car (ruang disinfeksi untuk mobil) sebagai antisipasi penyebaran corona (covid-19).

Dosen Fakultas Teknik Elektro Telkom University (Tel-U) Bandung Muhammad Ary Murti menjelaskan alat ini memiliki sisem kerja yang otomatis dimana akan otomatis menyala saat mobil memasuki chamber.

“Saat mobil masuk sensor akan mendeteksi dan menyemprotkan cairan disinfektan dan pada saat mobil keluar alat akan otomatis mati,” ungkap Ary dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Selasa (7/4).

Mobil yang masuk ke chamber kata Ary, tidak perlu berhenti cukup berjalan pelan. Alat ini juga dapat diatur menggunakan timer, sehingga bila ada mobil yang sengaja berhenti beberapa detik alat akan mati.

“Kami bersama tim berharap melalui alat oni bisa membantu pemerintah menencegah Covid-19 utamanya di lingkungan Telkom University agar seluruh civitas akademika bisa beraktifitas dengan nyaman,” ujarnya.

Tak hanya di area kampus Telkom University, Ary juga ingin alat itu dapat dimanfaatkan di seluruh gerbang perusahaan atau rumah sakit dengan traffic yang cukup padat dalam mensterilkan kendaraan yang akan masuk.

Berdasarkan informasi yang disampaikan kepada wartawan, chamber car hasil inovasi tim dosen, mahasiswa teknik elektro dan tim dari research center loT kini dipasang di tiga gerbang utama Telkom University Bandung.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here