Parade Lintas Agama/RMOLJabar

Parade lintas agama dengan mengusung tema ‘Bandung Rumah Bersama’ dilaksanakan Pemkot Bandung di sepanjang Jalan Asia-Afrika, Sabtu (15/2). Kegiatan tersebut pun diklaim menjadi wujud perdamaian dan kondusifitas Kota Bandung.

 

Wali Kota Bandung, Oded M Danial menyampaikan, Deklarasi Rumah Bersama tidak hanya untuk merayakan satu kebudayaan maupun ibadah satu agama. Melalui deklarasi tersebut, pihaknya ingin menegaskan jika Bandung adalah Rumah Bersama.

“Kita berkumpul hari ini di Jalan Asia Afrika, saya ingin menyampaikan kepada masyarakat Kota Bandung khususnya, Bahwa Bandung itu merupakan rumah kita bersama. Rumah dari berbagai agama, rumah dari berbagai suku budaya yang ada di Indonesia,” tutur Oded.

Melalui acara tersebut pula, sambung Oded, pihaknya ingin menepis penilaian sebagian pihak yang menyebut Bandung kota intoleran. Menurutnya, Bandung ialah kota toleransi, termasuk menjadi rumah semua suku, dan golongan.

“Jika masih ada yang menganggap bahwa acara semacam ini hanya untuk membesarkan budaya tertentu atau agama tertentu, mari dialog dengan Mang Oded mari dialog bersama-sama,” tegasnya.

Untuk itu, Oded juga mengajak seluruh masyarakat menjaga keamanan, ketenteraman, dan ketertiban menjadi modal besar dalam pembangunan. Dengan begitu, program pembangunan di Kota Bandung akan lancar terlaksana jika tertib aman dan nyaman.

“Keamanan kerukunan dan kenyamanan ditambah kepastian hukum akan kita pastikan bersama. Hari ini di Kota Bandung dan saat ini satu upaya ke arah situ. Bandung ada terasnya kita rawat bersama, ada ruang tamunya kita rawat bersama sampai dapurnya kita rawat bersama,” tuturnya.

“Mudah-mudahan dengan semangat deklarasi Bandung Rumah Bersama ini Bandung Akan semakin Kondusif Aman dan Nyaman. Kalau sudah Aman dan Nyaman mudah-mudahan membangun Bandung pun akan lancar insya Allah,” harapnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here