Termasuk Edhy Prabowo, Unpad Wisuda Ribuan Sarjana Secara Hybrid

Termasuk Edhy Prabowo, Unpad Wisuda Ribuan Sarjana Secara Hybrid

2.702 wisudawan dilantik Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad), Rina Indiastuti. Salahsatu wisudawan yang dilantik adalah Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo. Edy lulus dari program Doktor Ilmu Komunikasi Unpad.


Namun ada yang berbeda dari Wisuda Lulusan Gelombang III dan IV Tahun Akademik 2019/2020 Unpad itu. Wisuda digelar secara hybrid, kombinasi antara penyelenggaraan secara luar jaringan (luring) di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Bandung dan dalam jaringan (daring) melalui siaran langsung melalui streaming.unpad.ac.id, Rabu (5/8).

"Pandemi Covid-19 yang merupakan bencana kemanusiaan belum berakhir sehingga wisuda kali ini diselenggarakan agak berbeda karena berbagai penyesuaian dan pembiasaan pada tatanan kehidupan baru. Wisuda yang biasanya dihadiri oleh seluruh wisudawan dan orangtua di Grha Sanusi Hardjadinata, kali ini dilakukan secara kombinasi daring dan kehadiran sebagian kecil pimpinan universitas dan wisudawan,” ujar Rina.

Sebanyak 63 wisudawan hadir di Grha Sanusi Hardjadinata, mereka adalah perwakilan dari seluruh fakultas dan jenjang pendidikan. Sebagian besar wisudawan dan keluarganya, juga pimpinan universitas yang tidak hadir secara luring mengikuti wisuda dari rumah dengan bantuan teknologi teleconference.

Rina mengatakan, pihaknya telah menerbitkan ijazah digital yang dilengkapi tanda digital tersertifikasi Standar PDF Advance Electronic Signature dan tersertifikasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Para wisudawan Gelombang III telah dapat mengunduh ijazah digital sejak 5 Mei 2020 lalu, sementara wisudawan Gelombang IV dapat mulai mengunduh ijazah digital pada 7 Agustus 2020.

"Ijazah digital ini memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih baik terhadap pemalsuan atau perubahan ijazah dan transkrip. Dengan ijazah digital ini para lulusan dapat dengan mudah mengunduh ijazah tersebut melalui portal Students Unpad,” kata Rina dalam keterangan yang diterima redaksi.

Perlu diketahui, jumlah keseluruhan 2.702 wisudawan terdiri dari 1.593 wisudawan Gelombang III (71 Doktor, 280 Magister, 35 Spesialis, 130 Profesi, 1.049 Sarjana, dan 28 Sarjana Terapan) serta 1.109 wisudawan Gelombang IV (21 Doktor, 81 Magister, 69 Spresialis, 127 Profesi, 782 Sarjana, dan 28 Sarjana Terapan).