Penyaluran BLT Dana Desa/RMOLJabar

rmoljabar Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa yang dilakukan di Desa Cibodas, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta dipastikan tepat sasaran. Pasalnya, penyaluran dilakukan secara door to door kepada rumah warga penerima manfaat.

Sekretaris Desa Cibodas, Endan Rosidin mengatakan, penyaluran BLT kepada warga merupakan hasil validasi dan sudah terverifikasi  dalam tahap akhir pada  Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) tentang penetapan data keluarga miskin penerima bantuan. 

“Ada sebanyak 246 KK yang terkaper BLT Dana Desa sementara sisanya merupakan masyarakat penerima PKH dan penerima BPNT, dan bantuan program pemerintah lainya bagi warga yang dampak covid -19,” ujar Endan, Jumat (22/05). 

Endan menerangkan, BLT Dana Desa tersebut berbeda dengan bantuan lainnya yang disalurkan pemerintah. Baik itu Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). 

Disinggung kabar adanya warga yang hanya mendapat Rp 100 ribu, Endan menyebut, hal tersebut adalah bantuan tambahan inisiatif penerima secara sukarela yang kemudian dikumpulkan melalui RT dan RW. Pasalnya, warga tersebut telah terdaftar di PKH . 

“Sebab aturannya Penerima BLT Dana Desa, tidak boleh rangkap atau dobel dengan bantuan lain,” kata dia.

Dalam proses penyaluran BLT Dana Desa ke masyarakat, bebernya, dilakukan tim relawan dengan tetap mematuhi protokol Covid-19, serta transparan dan melibatkan unsur instansi terkait agar berjalan dengan baik.

“Kami dari pemerintah desa mengucapkan terima kasih kepada pemerintah baik Kabupaten, Provinsi dan Pusat yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here