Ilustrasi Mudik/net

rmoljabar Beberapa wilayah di Indonesia sudah ditetapkan sebagai zona merah. Atau daerah yang sudah terdapat pasien Positif Covid-19.

Beberapa kota itu diantaranya Jakarta, Depok, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Cirebon, dan Bandung.

Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Juru Bicara Pusat Data dan Informasi Covid-19 Ciamis dr. Bayu Yudiawan, mengimbau warganya yang berada di daerah tersebut untuk tetap tinggal di sana terlebih dahulu. Guna meminimalisir sebaran Virus Corona.

“Kami mengimbau untuk warga Ciamis yang berada si Zona Merah. Imbauan ini untuk mencegah menyebarnya Virus Corona. Apalagi jika pemudik berasal dari daerah zona merah ini akan berpotensi menyebarkan Virus Corona ke daerah lain,” ujar dr. Bayu.

Dia mengungkapkan, apabila warga Ciamis di Zona Merah itu mudik ke daerahnya, otomatis akan menambah orang dalam pengawasan (ODP). Padahal, fasilitas kesehatan di Ciamis belum memadai.

“Jika para pemudik dari kota ke Ciamis otomatis menambah Orang Dalam Pengawasan (ODP). Ini yang menjadi kendala disini (Ciamis) belum memiliki fasilitas yang banyak,” katanya.

Dia juga mengakui, saat ini pemudik cukup meningkat sejalan dengan adanya Hari Libur Nasional perayaan Nyepi. Di dalam mencari ODP pun sangat sulit.

“Tapi kami sudah berkoordinasi dan membuat pusat informasi tingkat Kecamatan hingga tingkat RT/RW untuk mendata warga Ciamis yang baru datang mudik,” ucapnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here