Kepala Dispangtan Bandung, Gingin Ginanjar/RMOLJabar

rmoljabar Perayaan momen IdulAdha selalu ditandai dengan memotong hewan kurban. Dalam memilih hewan kurban tentu tidak bisa sembarang, namun harus sesuai dengan syariat Islam.

Menjelang peringatan IdulAdha 1441 Hijriah, Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung) merilis ciri-ciri hewan kurban yang sehat serta layak untuk disembelih.

“Contoh tumbuhnya gigi seri, itu menandakan hewan tersebut sudah cukup umur,” tutur Kepala Dispangtan Kota Bandung, Gingin Ginanjar di Balaikota Bandung, Selasa (7/7).

Menurut Gin gin, pihaknya akan memastikan seluruh hewan kurban sehat dan layak, dari mulai hewan datang, menuju tempat berjualan hingga proses penyembelihan.

“Karena 90 persen hewan yang datang ke kota bandung itu datangnya dari luar. Jadi bagi hewan yang datang ke Kota Bandung harus dilengkapi oleh Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH),” terang Gingin.

Adapun 5 Persyaratan hewan layak untuk kurban adalah sebagai berikut:

1. Sehat, yaitu sehat secara tampilan fisik. Misalnya dari tampilan bersih, makan mengunyah rumput, pernafasan tenang dan tidak batuk, tidak ada pembengkakan di kepala. Serta tidak memiliki penyakit seperti penyakit antraks.
2. Tidak cacat, seperti ekor tidak putus dan badan harus berdiri tegap.
3. Tidak kurus seperti tulang punggung dan tulang rusuk tidak terlihat.
4. Jenis kelamin jantan
5. Cukup umur, bagi sapi minimal 2 tahun untuk domba minimal 1 tahun.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here