Waspadai Pandemi Virus Corona, DMI Kontrol Masjid Yang Menjadi Tempat Transit 

Waspadai Pandemi Virus Corona, DMI Kontrol Masjid Yang Menjadi Tempat Transit 

Kabupaten Ciamis menjadi daerah transit atau perantara para wisatawan yang hendak ke Pangandaran, maupun menjadi tempat singgah mereka yang melakukan perjalanan ke Jawa Tengah atau Jawa Timur.


Di masa pandemi virus Corona saat ini, wilayah Ciamis harus dijaga lebih ketat meski sudah diberlakukan social distancing. Kewaspadaan perlu dipusatkan di masjid-masjid yang biasa dijadikan tempat transit.

Maka dari itu, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Ciamis, Wawan S. Arifien mengunjungi Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Besar Cisaga di Kecamatan Cisaga, Ciamis di Jalan Raya Ciamis-Banjar, Rabu (8/3).

Menurut Wawan, Masjid Besar Cisaga berada di daerah lalu lintas yang banyak dilalui orang luar daerah. "Harus lebih diwaspadai lantaran yang datang ke Masjid ini bukan jamaah sini saja. Kita gak tahu kan orang yang singgah di sini itu dari mana, siapa. Kita harus lebih hati-hati," tutur Wawan.

Wawan menilai, di Masjid tersebut keamanan serta kebersihan perlu ditingkatkan, seperti menyediakan hand wash di tempat wudhu, mencuci karpet menggunakan serbuk khusus tanpa air, dan lantai dipel memakai disinfektan sebanyak lima kali sebelum salat berjamaah dilaksanakan.

"Dari kejadian ini kita harus ambil hikmahnya, seperti menjaga kebersihan masjid dan menjaga kesehatan serta keamanan," ujarnya.

Selain itu, DMI juga berbicara terkait dengan pelaksanaan salat Jumat. DMI Ciamis tidak melarang salat Jumat atau salat berjamaah di masjid. Hanya saja, di setiap khatib atau penceramah harus menyampaikan materi kebersihan dan tentang virus Corona.

"Di masa genting karena Covid-19 ini juga ceramah jangan terlalu panjang dan lama. Ini kan masa darurat. Yang penting kan rukunnya sampai, salatnya juga khusyu, tidak perlu lama, ini kondisinya darurat," ucapnya.

Saat Ketua DMI Ciamis berkunjung ke Masjid Raya Kecamatan Cisaga, hadir Camat Cisaga, Ketua DKM, serta para Kepala Desa sekitar Masjid Besar Cisaga. Guna memberikan rasa aman pada jemaah, DMI Ciamis telah mengeluarkan surat edaran kepada 27 Masjid Besar dan 3.800 Masjid Jami se-Kabupaten Ciamis.