rmoljabar Ziarah kubur di momen lebaran merupakan kegiatan yang lazim dilakukan oleh sebagian besar masyarakat muslim di Indonesia. Tak terkecuali masyarakat di Cirebon.

Namun demikian, di tengah merebaknya penyebaran Covid-19 seperti sekarang, pada lebaran 2020 kali ini Pemerintah Daerah Kota Cirebon bekali wawasan kepada para penjaga pemakaman (kuncen kuburan) tentang langkah-langkah pencegahan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Anwar Sanusi mengatakan, hal tersebut merupakan inisiatif dari para lurah, camat dan Satpol PP sebagai upaya untuk melindungi masyarakat dari wabah Covid-19.

“Pada saat Idul Fitri, pemakaman menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi masyarakat, jadi perlu kami antisipasi,” katanya, Kamis (21/5).

Pada saat yang sama, Kepala Satpol PP Kota Cirebon Andi Armawan mengungkapkan,nada belasan kuncen kuburan yang diundang untuk diberikan sosialisasi protokol pencegahan Covid 19.

“Spanduk imbauan juga kami pasang di area kuburan agar pengunjung bisa lebih berhati-hati,” ujarnya.

Sementara itu, H. Syahrudin kuncen Pemakaman Pangeran Drajat Kota Cirebon menyambut baik inisiatif yang dilakukan oleh Pemda Kota Cirebon pada masa pandemi Covid 19.

“Tak ada persiapan khusus yang dipersiapkan, sebab nyekar ini tiap tahun ada. Paling nanti ada pemasangan spanduk,” pungkasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here